Selasa, 29 Mei 2012

Manfaat Buah dan Sayur untuk Kulit Sehat

VIVAnews - Kebanyakan orang ingin tetap mempertahankan kulit kencang dan bersinar kendati usia bertambah tua. Sebelum melakukan prosedur kecantikan seperti botox atau operasi plastik demi kulit awet muda, pertimbangkan untuk melakukannya dengan cara lebih alami.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, asupan sayur dan buah-buahan secara teratur menjadikan kulit lebih sehat dan bercahaya. Anda akan terlihat lebih menarik dan cantik dengan kulit awet muda.
Penelitian yang dipimpin oleh Ian Stephen di Universitas Nottingham, Inggris, menunjukkan bahwa orang yang makan sayuran dan buah tiap hari memiliki kulit bercahaya kekuningan, berkat karotenoid.

Jamuna Pai, dokter kecantikan mengatakan, "Tanaman memiliki nutrisi, yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh serta memperbaiki kulit. Sayur dan buah juga mengandung ribuan senyawa fitonutrien yang bermanfaat selain karbohidrat kompleks, protein, lemak, vitamin dan mineral," ucapnya seperti dikutip Times of India.

Dia menyarankan, untuk memperoleh kulit bercahaya alami, asup minimal lima porsi sayuran dan buah. Eileen Canday, Kepala Ahli Gizi Rumah Sakit Breach Candy, Mumbai, menyarankan, "Masukkan sayur dan buah warna merah, oranye hijau, putih dan ungu dalam menu harian," ujarnya.

Menurut Canday, tomat, semangka dan jeruk bali mengandung likopen. Selain itu, berry dan anggur juga mengandung anthocyanin dan polifenol, jeruk, wortel, mangga atau labu kaya B-karoten. Sedangkan bawang putih mengandung flavonoid.

Mickey Mehta, pakar kebugaran mengingatkan, "Jangan mengabaikan sayuran karena membuat kulit halus dan membersihkan sistem pencernaan."
Buah-buahan segar di musim panas seperti plum, persik atau nektarin merupakan sumber kaya fitonutrien dan antioksidan. Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam merupakan sumber utama dari antioksidan. Sumber lainnya berasal dari wortel, tomat, ubi jalar, kangkung, brokoli, bayam dan paprika merah.

"Anda dapat menyajikan sayuran dalam bentuk jus dengan menggunakan bayam, bit dan  amla," katanya Mehta.
Menurut dia, membuat makanan dari bahan sayur dan buah segar jauh lebih bergizi dibanding yang telah mengalami pemrosesan.

0 komentar:

Posting Komentar